Mengenal Bentuk-Bentuk Ecommerce di Indonesia

Mengenal Bentuk-Bentuk Ecommerce di Indonesia

Mengenal Bentuk-Bentuk Ecommerce di Indonesia – Hampir semua orang mengenal ecommerce hanya sebatas jual beli online saja. Padahal sebenarnya ecommerce ini mempunyai beberapa bentuk yang klasifikasinya berdasarkan layanan yang diberikan. Di Indonesia sendiri ecommerce mempunyai lima bentuk yang berberbeda. Bagi yang memang sudah terjun di dunia ecommerce, pastinya tidak asing lagi dengan salah satu bahkan kelima bentuknya tersebut. Nah, bagi yang ingin terjun ke dunia ecommerce ataupun yang ingin mendalaminya lebih baik, silahkan simak kelima bentuknya. Dijamin Anda akan memperoleh banyak keuntungan dari mengenal kelima bentuk ecommerce yang terdapat di Indonesia.

Adapun kelima bentuk ecommerce yang terdapat di Indonesia beserta penjelasan lengkapnya adalah sebagai berikut:

1. Classifieds
Bentuk pertama ecommerce adalah Classifieds alias daftar iklan baris. Dalam bentuk yang satu ini, penyedia jasa ecommerce hanya menjadi media yang membuat penjual dan pembeli bertemu sehinga penyedia jasa ecommerce tersebut tidak ikut campur alias terlibat pada kegiatan jual beli yang terjadi. Contohnya ada TokoBagus dan OLX.

2. Marketplace C2C
Pada bentuk ecommerce Marketplace C2C (Customer to Customer) ini, pihak ecommerce dalam proses transaksi yang dilakukan penjual dan pembeli menyediakan pelayanan untuk metode pembayarannya. Selain itu, pihak ecommerce juga memberikan tempat untuk promosi. Salah satu contoh dari bentuk ecommerce Market C2C ini adalah Tokopedia.

3. Shopping Mall
Shopping mall menjadi bentuk ketiga dari ecommerce di Indonesia. Untuk sistem dan pelayanan dari shopping mall sendiri sama dengan marketplace C2C, tetapi yang membedakannya adalah pada penjualnya. Di Shopping Mall hanya penjual dari brand besar yang boleh. Blibli menjadi salah satu bentuk shopping mall dalam ecommerce.

4. Toko Online B2C (Business To Customer)
Fokus dari bentuk ecommerce toko online B2C sendiri adalah produk yang dimiliki oleh perusahaan ecommerce tersebut. Maka dari itulah semua keuntungan akan didapatkan oleh pihak perusahaan itu sendiri. Bentuk ecommerce toko online B2C sendiri sudah diterapkan salah satunya oleh Lazada.

5. Sosial Media Shop
Bentuk terakhir dari ecommerce di Indonesia adalah sosial media shop. Bentuk yang satu ini memanfaatkan sosial media untuk menjadi dasar bisnis ecommerce.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!