Kenali Perbedaan Hosting dan Domain Sebelum Menggunakannya

Kenali Perbedaan Hosting dan Domain Sebelum Menggunakannya

Kenali Perbedaan Hosting dan Domain Sebelum Menggunakannya – Saat ini teknologi yang berkembang semakin canggih dari waktu ke waktu. Salah satu yang menjadi bukti perkembangan internet tersebut adalah website. Saat berbicara mengenai website tentu tidak asing lagi dengan hosting dan domain. Lantas, apa saja perbedaan domain dan hosting tersebut? Ketahui beberapa perbedaannya sebelum menggunakan.

Perbedaan Hosting dan Domain

Uplinkearth – Pada dasarnya, hosting dan domain adalah dua hal yang jauh berbeda. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari fungsi ataupun aspek lainnya. Lantas, apa saja aspek tersebut yang menjadi perbedaannya? Di bawah ini beberapa diantara yang bisa Anda ketahui:

1. Fungsi
Ada banyak orang yang belum mengetahui tentang perbedaan domain maupun hosting. Bagi mereka yang belum mengenal kedua istilah tersebut tentu belum mengetahuinya sama sekali. Untuk domain dan hosting sendiri dapat dibedakan berdasarkan dengan fungsinya. Kedua istilah tersebut memiliki fungsi yang berbeda.

Hosting sendiri merupakan sebutan tentang penyimpanan data pada perangkat komputer. Hosting ini sendiri juga menjadi pusat penyimpanan yang memiliki koneksi luas. Hosting tersebut memiliki fungsi sebagai penyimpanan data. Sementara itu, domain dapat bermanfaat sebagai media untuk mempermudah akses tentang situs yang mengarah pada perangkat menuju alamat IP address. Dengan memanfaatkan domain satu ini maka sebuah perangkat dapat dengan mudah terhubung ke alamat server hosting.

2. Bentuk
Aspek perbedaan lain yang cukup mendasar dapat dilihat dari bentuknya. Jika dilihat secara umum, hosting dapat dilihat dari bentuk fisik terlebih jika hosting tersebut digunakan pada komputer biasa. Bentuk tersebut mirip dengan perangkat keras/perangkat lunak. Seperti prosesor, RAM, hingga hard disk.

Lantas, seperti apa bentuk dari domain? Perlu Anda ketahui bahwa domain memiliki bentuk berupa URL tulisan yang ada di belakang nama situs. Keberadaan doman tersebutlah yang nantinya akan memberikan arahan bahwa sebuah situs berada dalam naungan entitas atau lembaga khusus. Hal ini berarti kepemilikannya pun akan sangat beragam sesuai dengan cara pengguna memilihnya. Adapun beberapa contoh domain yang ada saat ini adalah ac.id, id, com, co, dan masih banyak lagi lainnya.

3. Tugas
Dapat dikatakan bahwa hosting merupakan sebuah ruang penyimpan data. Hosting sendiri sangat cocok jika Anda jadikan sebagai penyimpanan file data. Baik itu file yang berupa ZIP, RAR, gambar, video, dokumen, dan masih banyak lagi yang lainnya. Hosting ini juga bertugas agar sebuah situs menjadi hidup karena tersedia berbagai tampilan fitur.

Contohnya seperti video, gambar, dan lain sebagainya. Hosting juga memiliki tugas sebagai media untuk menjaga kestabilan koneksi saat pengguna perangkat berselancar di internet. Umumnya, hal tersebut akan disesuaikan dengan besar ruang pada server hosting pada sebuah situs.

Lantas bagaimana dengan tugas domain? Domain sendiri secara umum mempunyai tugas untuk mengakses server hosting. Hal ini berarti, Anda tidak dapat terhubung dalam sebuah jaringan ruang penyimpanan data tanpa adanya sebuah domain. Tidak hanya itu, Anda juga tidak bisa mengembangkan web jika tidak memiliki domain. Pasalnya, tugas domain adalah mengarahkan ke alamat IP komputer.

4. Pengembangan server
Perbedaan lain dapat dilihat dari pengembangan server. Domain sendiri sangat berpengaruh pada kegunaan server hosting. Hal ini berarti saat domain yang dipakai cukup bagus, tentu saja sebuah jaringan perangkat yang terhubung menuju server hosting dapat lebih banyak.

Itulah penjelasan mengenai perbedaan antara hosting dan domain. Sebelum menggunakan kedua hal tersebut pastikan untuk memahami fungsi beserta perbedaannya lebih lanjut. Dengan begitu, akan lebih mudah dalam mempelajari dan menggunakannya.

Posts created 419

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top